RadarURL

Kamis, 01 November 2012

INFO : cara memasang prosesor



Prosesor adalah otak komputer. Oleh karena itu biasanya dipasang paling duluan walaupun sebenarnya tidak apa-apa seandainya tidak dipasang paling awal.

Hal-hal yang perlu diketahui mengenai prosesor adalah kecocokan antara jenis prosesor dan soket di motherboard. Gunakan prosesor yang memakai soket yang didukung oleh motherboard atau bisa juga sebaliknya memilih motherboard yang sesuai dengan jenis prosesor yang ingin digunakan.
Kebanyakan soket CPU dan prosesor saat ini dibuat menggunakan arsitektur pin grid array (PGA), maksudnya pin-pin yang terdapat di bawah prosesor yang dimasukkan ke dalam soket. Proses pemasukan prosesor ke soketnya sendiri menggunakan mode zero insertion force (ZIF) sehingga tidak perlu menggunakan tenaga sedikit pun.
caranya adalah sebagai berikut :

  1. Bukalah prosesor dari wadah-nya.
  2. Buka pengait soket prosesor-nya terlebih dahulu. Pengait yang dimaksud di sini adalah sebuah batang yang terletak di sebelah kiri atau kanan soket yang bersangkutan, bergantung pada merek motherboard yng digunakan. Apabila pengait dari prosesor ini tidak diaktifkan, otomatis lubang di soket belum terbuka sehingga tidak bias dimasuki prosesor.
  3. Ambil dengan tangan dan letakkan pada soket prosesor di motherboard. Ketika memasukkan, perlu diperhatikan tanda yang terdapat di salah satu dari empat ujung prosesor dan cari kecocokan-nya dengan motif yang sama di slot. Hal ini berfungsi mencegah terjadinya kesalahan pemasangan prosesor ke slot-nya.
  4. Ketika posisi prosesor sudah berada di atas soket, lepaskan pegangan tangan untuk memasukkannya dan tidak usah menekannya karena prosesor akan otomatis masuk ke soket.
  5. Setelah prosesor masuk ke soketnya, kencangkan kembali pengaitnya hingga posisi prosesor mantap dan tidak bisa dicabut kembali.

Semoga bermanfaat. 

Jack Nino 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar